8 Pilihan Bisnis Waralaba Yang Naik Daun Selama Pandemi

bisnis waralaba

Penting bagi Anda untuk mempelajari seluk-beluk bisnis franchise yang akan Anda jalani. Untuk itu, kenali terlebih dahulu brand-nya serta ketentuan pembayaran serta sistem bisnis yang mereka jalani. Faktor penting yang bisa membuat bisnis Anda sukses adalah inovasi dan kreativitas dari franchisor.

Situasi inilah yang disebut modal pas-pasan, karena semuanya dikerahkan tanpa menyisakan sebagian pun dana untuk kebutuhan hidup dari franchisee. Bukan sekedar calon franchisee mampu beli, franchisor mau jual, kemudian terjadilah transaksi. Dalam sistem franchise, franchisee adalah orang-orang yang telah disaring dan dipilih serta dipercaya untuk menjalankan bisnis tersebut.

Namun, semakin besar perusahaan pemberi waralaba, akan semakin stabil pula manajemennya. Kemungkinan untuk ekspansi bisnis franchise dan branding makin kuat. Bahkan jika Anda memiliki ide bisnis lain yang lebih inovatif sekalipun, tetap tidak boleh dipasarkan berdampingan dengan bisnis franchise. Setiap franchisor sudah memiliki perhitungan akan mengambil berapa persen keuntungan. Biaya ini dibuat untuk mendukung operasional bisnis franchise di tingkat pusat. Kebab merupakan makanan khas Timur Tengah yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia sehingga makanan satu ini bisa dijadikan sebagai bisnis waralaba yang menguntungkan dengan modal kecil. Biasanya waralaba kebab sering ditemukan di pusat perbelanjaan dan kompleks perumahan.

Salah satu contoh waralaba kebab yang sangat sukses di Indonesia yaitu kebab Baba Rafi. Cukup dengan modal mulai dari Rp 3. 000. 000, Anda bisa berbisnis kebab Baba Rafi yang menguntungkan.

Meski ayam geprek menjadi makanan yang disukai orang saat ini, namun fried chicken atau ayam goreng tetap menjadi idaman. Membuka bisnis waralaba yang satu ini sangat menguntungkan dan modalnya bisa dibilang kecil. Model bisnis yang berjalan antara pemilik waralaba dengan pemodal bisa disebut dengan waralaba.

Nah, tapi sebelum Anda menjalankan konsep ini, disarankan untuk tidak membeli franchise apabila modal Anda pas-pasan. Maksudnya modal Anda hanya cukup untuk beli merek, beli lisensi, dan operasional usaha beberapa bulan saja. Ingat, untuk sukses dalam bisnis butuh komitmen dan konsisten juga.

Pasalnya, modal yang dibutuhkan oleh setiap bisnis franchise sangat beragam, tergantung dari jenis franchise dan produk yang kamu ambil. Dari ketiga hal di atas, yang paling umum terjadi adalah hal yang pertama, yaitu segera mengambil keuntungan usaha untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. Hal ini terjadi karena salah persepsi, bahwa keuntungan bisnis dapat segera dimanfaatkan untuk hal lain. Banyak didapati juga franchisee yang terpaksa memakai modal usaha untuk membayar pinjaman yang telah jatuh tempo dari saudara atau rekan, untuk memenuhi persiapan modal awal.

bisnis waralaba

Jenis bisnis seperti ini memang terbilang mudah, karena pemodal tidak perlu memikirkan nama produk. Para pemodal tinggal membayar ke pemilik waralaba untuk mendapatkan hak usaha. Sebagai pioneer dari bisnis franchise jenis kebab, Baba Rafi menawarkan modal awal sebesar Rp75 juta untuk para franchisee.