Join Usaha Tanpa Modal? Coba Ide Usaha Rumahan Ini Yuk!

bisnis tanpa modal

Kalau dulu kan sepertinya hidup seseorang sudah ada garisnya tuh, lahir, sekolah, lulus, cari kerja, kumpulin modal untuk membuka perusahaan yang mainstream. Kalau sekarang ya semua bisa di-uangkan lah istilahnya, ” ujar Nanda selaku warga Gading Serpong. Bagi yang punya skill menulis, Anda bisa membuka jasa menulis artikel yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan. Anda yang jago desain grafis bisa membantu brand atau perusahaan untuk merancang desain terbaik untuk content marketing mereka. Sedangkan bagi yang hobi fotografi, mengapa tidak menjual hasil foto-foto Anda di situs-situs seperti Shutterstock? Anda juga bisa membuka jasa freelance foto untuk berbagai event seperti pernikahan atau ulang tahun.

Nah, untuk memulai bisnis sebagai dropshipper atau reseller, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari supplier. Hubungi mereka untuk izin bantu menjual produknya dan buat perjanjian.

Inilah mengapa yang namanya passion menjadi penting dalam memulai karena kita melakukan semuanya sendirian dulu untuk awal dan sementara. Pemasaran email masih menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan pelanggan tetap. Gunakan blog bisnis Anda untuk membangun mailing list dengan mendorong pembaca Anda untuk melakukan subscribe. Oleh karena itu, penggunaan hashtag yang tepat memiliki kesempatan lebih luas untuk ditemukan oleh calon konsumen. Seperti salah satu brand yang memanfaatkan hashtag untuk mengembangkan sayap bisnis nya, So Sweet. Mayang Kurniasari, salah seorang designer graphis asal Jakarta, terkena PHK akibat Covid-19 sejak beberapa bulan lalu. Berbekal kemampuan design yang dimiliki, dia mulai menjual jasanya.

bisnis tanpa modal

Sejak pandemi Covid-19, apalagi Pembatasan Sosial Berskala Besar diberlakukan, masyarakat lebih memilih berbelanja online. Dari beberapa wawancara yang dilakukan, responden mengaku menjual barang-barang yang sedang laku di pasaran, seperti masker atau produk kesehatan.

Menjadi reseller mengharuskan Anda untuk membeli produk dalam jumlah banyak terlebih dulu untuk kemudian dijual kembali. Artinya, untuk menjadi reseller, Anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit agar bisa menjalankan bisnis tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk bisa menciptakan sesuatu dalam hal ini adalah produk selalu membutuhkan dana anggaran atau modal usaha guna menyediakan bahan baku keperluannya. Bagi seseorang yang ingin membuka atau memulai usaha baru, tidak memiliki cukup modal merupakan hambatan yang paling sering menjadi kendala. Inilah yang sering saya juluki dengan istilah studentpreneur irrelevant theory dalam bisnis. Jika kamu tidak punya uang untuk memulai, maka tunda untuk merekrut tim. Saya baru membentuk tim ketika cashflow sudah sangat positif dan memang menguntungkan untuk membayar orang.